10 Jun 2011

POTRET KOTAKU BERAU by: Dendi Sephanie


Ini dia postingan tentang “POTRET KOTAKU TG. REDEB/BERAU”, Berau kota yang terletak di provinsi Kalimantan Timur ini adalah salah satu kota yang menghasilkan BATU BARA melalui salah satu perusahaan terkenal yaitu PT. BERAU COAL yup seperti namanya COAL itulah pemegang segala hal yang berhubungan dengan batu bara di daerah ini. Mungkin Brother dan Sista yang membaca postingan ini bingung di mana sih kota Berau itu? Ok saya bakal menjawab pertanyaan itu.
“Berau” <-------- carilah kata seperti itu di Google atau di wikipedia ata sejenisnya pokoknya yang berhubungan dengan sejarah atau legenda suatu daerah. Mungkin setelah membaca artikel ini anda semua mencarinya di GOOGLE EARTH tetapi tidak ketemu, walaupun begitu fasilitas dan segala hal insya allah akan dapat memenuhi kebutuhan hidup, tanpa basa basi mari kita lanjutkan ke segala hal yang ada di Berau:
1.         Pasar bertaraf Internasional
Mungkin anda semua bertanya emang ada yah pasar yang bertaraf internasional, ya adalah namanya juga Berau. Pasar ini sudah berdiri sekitar 1 tahun sejak di bangun oleh perusahaan yang tidak asing di warga Berau yaitu PT. TOTAL BANGUN PERSADA, perusahaan ini sudah membangun masjid yang seperti KW 1 dengan ISLAMIC CENTER yaitu Masjid Agung Baitul Hikamah yang dulunya adalah Masjid Raya. Selain itu seperti yang saya katakan bahwa perusahaan ini juga membangun pasar yang bertaraf Internasional yang fotonya akan saya sertakan di lain waktu, nama PASAR ini adalah PASAR AJI DILAYAS yang diresmikan oleh Bpk Bupati Drs. MAKMUR HAPK MM nama pasar ini sendiri diambil dari salah satu Raja yang bernama Aji Dilayas/Raja dari kesultanan Sambaliung. Nah kalau mau lebih jelas silahkan aja berkunjung ke Berau bisa dua alat transportasi yaitu darat,laut dari Samarinda, udara dari Balikpapan.
2.         Sejarah kota Berau
Yang saya ketahui kerajaan ini terbagi menjadi dua dikarenakan anak dari salah satu raja kebetulan laki-laki dua orang, karena hal itulah kerajaan di Berau terbagi menjadi dua dimana Kerajaan Sambaliung dan Kerajaan Gunung Tabur. Sedikit informasi yah di kerajaan Sambaliung terdapat salah satu meriam yang tidak bisa tenggelam di air karena ada suatu rahasia yang tidak bisa saya beritahukan, mungkin anda bertanya-tanya tapi untuk mengetahuinya silahkan ke Berau.
3.         Hiburan Kota Berau
Apakah anda tau yang namanya KOTAK BAND, DEWA 19, ANANG HERMANSYAH, SYAHRINI, FIVE MINUTES mereka semua sudah pernah menginjakkan kaki mereka di Berau, selain itu hiburan di kota Berau juga ada yang namanya Tepian mungkin anda berpikir bahwa ini adalah kegiatan duduk di pinggir begitu jelas beda. Tepian adalah tempat di mana kita ber-refreshing dari pukul 16:00 WITA s/d 21:00 WITA, dari  tepian kita bisa melihat kegiatan Bongkar Muatan, Pengiriman Batu Bara oleh PT BERAU COAL.
4.         Pendidikan
Dalam bidang pendidikan sekolah yang di akui bertaraf Internasional Oleh Dinas Pendidikan Berau adalah SMP 09 BERAU,  SMA 04 BERAU serta dalam bidang Pendidikan ada juga yang namanya MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) mungkin di setiap pertandingan Dewan Hakim pasti menyuarakan FAIR PLAY tapi pada kenyataannya saya sudah pernah merasakan buah pahit dari permainan para DEWAN HAKIM, banyak yang mengatakan bahwa kekurangan saya hanya di nafas dan jika saya mendapat juara insya ALLAH nomor 3 tapi apa yang terjadi mereka (DEWAN HAKIM) hanya memenangkan mereka yang ayahnya dalah seorang yang di pandang dan warga PRIBUMI, sedangkan kami yang memiliki potensi di bidang ini terpaksa harus gigit jari dan hanya bisa menyaksikan Mereka yang menang karena faktor Berikut: Karena warga pribumi, seorang yang terpandang di Berau, memberikan sejumlah uang kepada DEWAN HAKIM dan tentunya murid/anak dari DEWAN HAKIM
Yups mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan di postingan ini dan mohon ma’af jika ada salah kata karena saya hanya ingin memberikan informasi seputar kota saya baik itu Positif maupun Negatif
Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar asalkan jangan menggunakan kata" SPAM yh (jook,cacian,hinaan dll) jika SPAM maka akan d tolak